Bagaimana Cara Menyambung Kabel Listrik dengan Baik dan Benar?

Sejak awal, setiap individu setidaknya memiliki pengetahuan atau pemahaman mengenai kumpulan eletrik. Sebab, itu merupakan salah satu hal yang mempunyai peranan penting karena berkaitan erat dengan aktivitas sehari-hari. Disisi lain Anda juga perlu mengetahui cara menyambung kabel listrik.

Inilah Beberapa Cara Menyambung Kabel Listrik dengan Benar

Cara Menyambung Kabel Listrik dengan Benar

Kegiatan menyambung kabel listrik terdengar mudah dan merupakan hal sepele. Akan tetapi, faktanya menyatakan bahwa dalam melakukannya membutuhkan perhatian penuh serta kehati-hatian. Sebab, apabila terjadi kesalahan akan menyebabkan kerusakan aliran listrik.

Mengetahui cara penyambungan kabel listrik yang benar akan membantu anda dalam instalasi listrik, entah itu rangkaian seri, paralel maupun campuran. Teknik menyambung kabel listrik adalah teknik dasar yang wajib anda kuasai. Untuk pemahaman lebih lanjut, simak ulasan berikut.

1. Menyambung Kabel Listrik Menggunakan Sambungan Ekor Babi (Pig Tail)

Salah satu metode yang paling sederhana dalam penyambungan kabel listrik, ialah dengan menggunakan sambungan pig tail atau ekor babi. Cara ini menjadi sangat efektif. Serta, memberikan beragam manfaat dan kemudahan bagi setiap individu dalam menyambung benang elektrik.

Adapun beberapa tahapan yang harus Anda lalui saat ingin menerapkan metode ini. Antara lain, meneliti secara tuntas mengenai bagian isolasi. Kemudian, di susul dengan menggabungkan ujung dari kedua kabel itu. Hingga langkah terakhir, yaitu menutup sambungan menggunakan solasi khusus.

2. Menyambung Kabel Listrik Menggunakan Sambungan Puntir

Beralih ke pembahasan kedua dari cara penyambungan kabel listrik kedua, yaitu dengan memanfaatkan sambungan petir. Biasanya akan dipakai untuk jenis benang tunggal. Pada dasarnya, hal ini merupakan bentuk pengembangan dari yang sebelumnya. Namun, metode yang satu ini jauh lebih aman dan kuat.

Tidak mengherankan apabila beberapa individu beranggapan bahwa cara sambungan puntir itu kokoh, kuat, serta aman. Sebenarnya, terdapat dua (2) jenis dari metode ini. Pertama, ada penyambungan bell hangers. Adapun yang mempunyai kesatuan western union yang cukup sederhana.

3. Menyambung Kabel Listrik Menggunakan Sambungan Bolak – Balik

Beranjak menuju pembahasan ketiga dari metode penyambungan kabel listrik. Ialah menggunakan cara bolak-balik. Dengan menerapkannya, maka akan ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan untuk Anda. Salah satunya adalah sambungannya kokoh dan tidak mudah lepas.

Disini, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghubungkan dua sampai 3 benang elektrik sekaligus. Bahkan, penggunaannya pun cukup mudah. Berbagai contoh tutorial bisa ditemukan di beberapa sumber seperti Youtube, Google, dan sebagainya.

4. Menyambung Kabel Listrik Menggunakan Sambungan Britania

Sampai pada pembahasan mengenai cara penyambungan kabel listrik kelima, yaitu menggunakan sambungan britania. Disini Anda memerlukan dua (2) jenis benang elektrik dengan ukuran berbeda. Seperti satunya berukuran sekitar 5-7 mm, maka yang kedua harus lebih kecil dari sebelumnya.

Kabel yang berukuran kecil biasanya akan dipakai untuk menjadi pengikat. Mengapa demikian? Sebab, dalam metode ini Anda tidak hanya melilitkan ujung inti benang elektrik. Akan tetapi, juga memiliki tugas untuk mengikat beberapa benda tadi menggunakan apa yang sudah disebutkan.

5. Menyambung Kabel Listrik Menggunakan Sambungan Craft

Akhirnya, tiba di pembahasan mengenai cara penyambungan kabel listrik yang terakhir, yaitu dengan menggunakan craft. Pada dasarnya, penggunaan metode ini tidak jauh berbeda dengan cara di britania. Hanya saja perbedaannya terletak pada bentuk penggunaan benang elektrik.

Apabila di britania kedua benang tersebut mempunyai ukuran yang berbeda sebelum diikat. Maka, dalam metode craft bentuk dari kabel setidaknya dipipihkan terlebih dahulu. Hal inilah bertujuan untuk memudahkan saat mengikat. Serta, melihat tampilannya agar tidak terlalu tebal dan besar.

Demikianlah pemaparan mengenai tata cara menyambung kabel listrik dengan baik dan benar. Hal tersebut merupakan kemampuan dasar yang setidaknya bisa dikuasai oleh setiap individu. Namun, untuk menghidari beberapa kejadian buruk. Anda dapat meminta tolong kepada ahlinya.